Google

Friday, December 28, 2007

Tips - Tips for Applying Scholarship (Tips untuk Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri)

Dear Friends,

Sumber beasiswa (scholarship) itu untuk sekolah di luar negeri itu cukup banyak tapi setidaknya bisa dikelompokkan ke 3 group.

  1. Group 1 : Beasiswa dari lembaga pemberi beasiswa baik untuk berasal dari pemerintah atau non pemerintah misalnya Council for International Exchange of Scholars (CIES), Sampoerna, dll. Lamaran ditujukan ke lembaga pemberi beasiswa itu.
  2. Group 2 : Beasiswa dari tempat kita bekerja, misalnya PLN, Bank Indonesia, dll. Sebelum krismon lebih banyak lagi lembaga pemerintah yang memberikan beasiswa dengan ikatan dinas (tugas belajar). Banyak juga beasiswa itu yang asalnya berasal dari dana atau hutang luar negeri.
  3. Group 3 : Beasiswa langsung dari sekolah di luar negeri.
Orang Indonesia umumnya mencari beasiswa melalui group 1 dan 2. Masih sedikit yang mencari beasiswa langsung dari sekolah yang dituju (group 3).

Padahal banyak sekolah di Amerika yang memberikan beasiswa atau scholarship dalam bentuk Teaching Assistantship (TA) ataupun Research Assistanship (RA) khususnya untuk bidang S3 asalkan Anda memiliki nilai TOEFL (Test of English as a Foreign Language), GMAT (Graduate Management Admissions Test), atau GRE (Graduate Record Examination) yang tinggi. Sayangnya, nilai TOEFL, GMAT, dan GRE orang Indonesia biasanya lebih rendah dari pada nilai orang India dan China sehingga sedikit orang Indonesia yang mendapat beasiswa langsung dari sekolah di luar negeri. Beasiswa langsung dari sekolah itu tidak memerlukan syarat-syarat khusus (misalnya menjadi pengajar di sekolah luar Jawa) dan kewajiban untuk bekerja di sekolah pemberi beasiswa setelah lulus.

Anda harus rajin browsing ke web site sekolah-sekolah di luar negeri untuk bidang-bidang yang Anda sukai. Mintalah application form dari department/jurusan yang Anda tuju atau ke International Student sekolah ybs. Persyaratan melamar ke sekolah itu (termasuk nilai minimum TOEFL, dll) ada di formulir tersebut. Ikuti saja permintaan mereka. Jangan hanya melamar di satu sekolah. Keep trying!! Cobalah melamar di beberapa sekolah. Jangan pernah berhenti mencoba untuk mendapatkan beasiswa sebelum anda mendapatkannya.

Regards..
















For Free Scholarship !!!

1 comments:

Anonymous said...

I would not trust the information you read here...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner